Text
Teknik dasar membuat kartun digital
Sketsa merupakan skill tersendiri dari kemampuan alamiah seorang designer, lebih-lebih designer yang memiliki kemampuan membuat sketsa kartun atau yang disebut dengan kartunis. Biasanya seorang kartunis harus mahir betul dalam merancang sebuah gambar sehingga tampil sebuah objek yang memiliki karakter tersendiri. Untuk merancang sebuah kartun biasanya seorang kartunis hanya memerlukan alat berupa pensil dan kertas kosong. Disanalah sebuah goresan terwujud menjadi sebuah karakter tertentu.
Apa bedanya digital kartun dengan kartu yang dijelaskan diatas. hampir pada prinsip dasarnya tidak ada perbedaan yang berarti. Mungkin perbedaan yang cukup mencolok adalah tool yang digunakan saat membuat kartun itu sendiri.
Nah dibuku ini anda akan belajar bagaimana membuat sebuah kartun menggunakan perangkat lunak berupa software gratis. Software yang nati akan dipelajari adalah Corel Draw dan Adobe Illustrator. Sengaja dua software ini digunakan agar nanti anda dapat menilai mana yang lebih efektif dalam membuat objek kartun.
Untuk mempraktekan teknik-teknik desain kartun ini anda akan membuat kartun komik-komik jepang. Kartun yang akan dikerjakan seperti Conan, Doremon dan Samurai X
SMAC-0010 | 741.5 TEK | Library SMA Avicenna Cinere | Available |
No other version available