Text
Analisis Hubungan Peer Pressure Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 11 SMA Avicenna Jagakarsa
Karya tulis ilmiah ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara peer presure dengan motivasi belajar siswa kelas 11 SMA Avicenna Jagakarsa. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpilkan melalui 12 pertanyaan kuesioner tertutup dan 2 pertanyaan kuesioner terbuka kepada 651 responden yang masing-masing merupakan siswa kelas 11 SMA Avicenna Jagakarsa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa pernah mengalami peer pressure, dan mayoritas merasakan dampak positif berupa meningkatnya semangat belajar, kedisiplinan, rasa percaya diri, ataupun dorongan kompetitif dalam diri akibat teman sebaya yang memiliki ambisi akademik atau prestasi yang tinggi. Nmaun, sebagian kecil siswa mengaku terdistraksi oleh pengaruh negatif teman sebaya. Pennelitian ini menyimpulkan bahwa peer pressure lebih banyak memberikan dampak positif, yakni sebagai pendorong motivasi belajar, asalkan siswa mampu memilih lingkungan pertemanan yang positif dan menjaga kesadaran diri untuk tetap fokus pada tujuan akademik.
SMA1788 | R HAF a SMA1788 KARTULSMA2025 | My Library (Rak Koleksi Referensi SMA (BI Corner)) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain