Text
Upaya Mengurangi Rumination pada Siswa Kelas 11 Melalui Pendekatan Strategi Individu Siswa-Siswi Kelas 11 SMA Avicenna Jagakarsa
Setiap orang memiliki masalahnya masing-masing dan cara tersendiri dalam meikirkan masalah tersebut. Namun, terkadang seseorang terus memikirkan masalah tersebut meskipun masalahnya telah selesai. Hal ini disebut overthinking, yaitu kebiasaan berpikir secara berlebihan yang berdampak negatif terhadap kondisi mental, fisik, maupun sosial. Karena istilah overthinking lebih sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, peneliti memilih menggunakan istilah rumination yang lebih ilmiah.Dalam psikologi, rumination telah menjadi masalah yang cukup umum dengan penyebab yang berbeda-beda pada setiap individu. Berdasarkan hasil penelitian di SMA Avicenna Jagakarsa, banyak siswa kelas 11 sering mengalami rumination dan hal tersebut berdampak terhadap keseharian hidupanya, seperti kesulitan fokus menjadi salah satu hal yang paling banyak dialamai oleh siswa-siswi. Hal ini menjadikan alasan mengapa pengetahuan tentang rumination harus diluaskan untuk membantu siswa-siswi mencari strategi yang sesuai melalui jurnal, artikel dan buku.
SMA1796 | R AMI u SMA1796 KARTULSMA2025 | My Library (Rak Koleksi Referensi SMA (BI Corner)) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain