Text
Faktor Penghambat Pembelajaran Membaca Al-Qur'an Dengan Metode Iqra Pada Siswa Kelas 10 dan 11 SMA Avicenna Jagakarsa
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan masih as=danya siswa SMA Avicenna Jagakarsa yang menggunakan Iqra dalam membaca Al-Qur'an serta mengetahui kendala yang dihadapi siswa dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an setelah tahap iqra. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitiatif deskriptif denga metode wawancara kepada siswa-siswi SMA Avicenna Jagakarsa. Data dikumpulkan dari partisipan yang merupakan siswa-siswi SMA Avicenna Jagakarsa yang menggunakan iqra. Berdasarkan hasil wawancara terhadap 10 siswa SMA Avicenna Jagakarsa yang masih membaca iqra dalam mengaji, terdapat beberapa temuan penyebab, motivasi, peran guru, dan tantangan yang mereka hadapi dalam proses pembelajaran. Bagi pembaca khususnya yang berkecimpung dalam dunia pendidikan atau pembinaan remaj, hasil penelitian ini menjadi cerminan pentingnya pendekatan dasar dalam belajar membaca Al-Qur'an meskipin di jenjang pendidikan menengah/ Bagi sekolah, disarankan untuk lebih aktif dalam memfasilitasi pembelajaran Al-Qur'an, termasuk dengan menyediakan program mempelajari iqra. Guru juga perlu diberikan pelatihan agar dapat memberikan bimbingan yang lebih konsisten dan personal kepada siswa yang masih belajar membaca Al-Qur'an.
SMA1808 | R BIN f SMA1808 KARTULSMA2025 | My Library (Rak Koleksi Referensi SMA (BI Corner)) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain