Text
Dampak Large Language Model (LLM) dalam Proses Pembelajaran Mandiri Siswa Kelas XI SMA Avicenna Jagakarsa
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu dampak penggunaan Large Language Model (LLM) dalam proses pembelajaran mandiri siswa kelas XI SMA Avicenna Jagakarsa. LLM sebgai salah satu bentuk kecerdasan buatan berbasis pemrosesan bahasa alami semakin banyak digunakan dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak positif dan negatif penggunaan LLM serta perannya dalam mendukung pembelajaran mandiri bagi siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan alat bantu berupa kuisioner daring. Data dikumpulkan dari siswa Kelas XI yang telah mengggunakan LLM dalam aktivitas belajar mereka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan LLM mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, mempercepat penyelesaian tugas, dan menyediakan akses informasi yang lebih banyak dibandingkan dengan sumber konvensional. Namun, di sisi lain, penggunaan yang berlebihan berisiko ketergantungan, dan kemampuan berpikir kritis. Dengan demikian, penggunaan LLM harus didukung oleh kebijakan pemantauan dan strategi penggunaan agar teknologi ini benar-benar dapat berkontribusi terhdap proses pembelajaran secara efektif tanpa menurunkan kualitas berpikir dan kemandirian peserta didik.
SMA1809 | R CLI d SMA1809 KARTULSMA2025 | My Library (Rak Koleksi Referensi SMA (BI Corner)) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain